Prima Collection Konveksi Seragam Drumband

Beranda » Blog » Beragam Teknik Pembuatan Baju Custom yang Perlu Diketahui

Beragam Teknik Pembuatan Baju Custom yang Perlu Diketahui

Diposting pada 22 September 2023 oleh primaco / Dilihat: 88 kali / Kategori:

Sebaiknya, cari tahu terlebih dulu teknik pembuatan baju custom yang digunakan sebelum Anda memesannya. Teknik untuk membuat baju di setiap jasa custom itu berbeda, tergantung tipenya. Selain menyesuaikan tipe pakaiannya, teknik pembuatan juga mengikuti keinginan pasar.

Saat ini ada lima teknik yang umumnya digunakan untuk membuat baju custom, meliputi dijahit, sablon, Polyflex, Direct to Garment dan Full Sublimation. Dengan melihat teknik pembuatannya, Anda bisa mengetahui tipe-tipe pakaiannya dan bagaimana sampel dari hasil pekerjaannya.

Warna, model, desain dan kualitas baju custom, semua ditentukan dari teknik yang dipakai. Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang teknik-teknik tersebut, simak penjelasan di bawah ini.

seragam mayoret biru slempang merah

seragam mayoret biru slempang merah

Pentingnya Kualitas dan Teknik Pembuatan Baju Custom

Biasanya layanan jasa custom baju memiliki hasil pengerjaan dengan kualitas yang berbeda-beda. Kualitas itu ditentukan dari beberapa aspek termasuk warna, baju, model dan daya tahannya. Di dalam bisnis busana, pakaian baju yang nyaman dan tahan lama dinilai lebih unggul.

Desain yang cantik, elegan, tidak mudah rusak dan nyaman dipakai selalu menjadi incaran banyak orang. Tentu saja, semua kualitas bergantung pada teknik pembuatan baju custom yang dipakai. Jika tekniknya benar, alatnya berkualitas dan pengerjaannya profesional, hasilnya pasti bagus.

Desain epik dengan warna cerah adalah salah satu bukti hasil pengerjaannya bagus. Layanan jasa pembuatan baju custom juga menawarkan harga yang sesuai dengan hasil pekerjaannya. Dengan teknik jahit, sablon, Polyflex DTG dan Full Sublimation, baju Anda pasti bisa di Custom.

Baca Juga : Perusahaan Primaco membuka kesempatan magang

Mengenal Teknik dan Proses Pengerjaan Baju Custom

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, terdapat 5 teknik pembuatan baju custom. Kelima teknik tersebut menggunakan alat pengerjaan yang berbeda-beda.

Jika Anda ingin membuat baju custom, jadikan kelima teknik ini sebagai pertimbangan agar hasilnya sesuai ekspektasi. Langsung saja, berikut penjelasannya :

1.      Dijahit

Seragam mayoret drumband kombinasi batik

Seragam mayoret drumband kombinasi batik

Jahitan adalah teknik tradisional yang sudah menghasilkan banyak karya busana. Dulu, teknik jahit masih menggunakan cara manual jadi prosesnya lebih lama. Tapi sekarang, mesin jahit sudah mendukung industri busana sehingga baju custom bisa dibuat lebih cepat.

Dengan menggunakan teknik jahitan, Anda bisa mendapatkan berbagai macam model. Untuk cosplay, baju dinas, baju organisasi atau busana lainnya, teknik jahit bisa diaplikasikan.

2.      Sablon

Teknik kedua yang sering dipakai untuk membuat baju custom secara massal adalah Sablon. Dengan teknik pembuatan baju custom ini, Anda bisa mencetak gambar ke permukaan kain. Cara buatnya tinta dicat ke desain stensil, lalu di press ke kain agar gambar menempel.

Teknik cetak sablon sangat murah dan terjangkau, sehingga banyak orang memakainya. Hasil cetakannya beragam, tergantung dari kualitas tinta, teknik sablon dan kain yang digunakan.

3.      Polyflex

Selanjutnya ada Polyflex, teknik cetak yang hampir sama seperti sablon. Tapi prosesnya lebih rumit karena menggunakan bahan vinil atau stiker desain untuk di press ke kain baju. Kualitas teknik ini lebih tinggi, sehingga hasilnya bagus, tidak mudah pudar atau terkikis.

Biasanya Polyflex digunakan untuk mencetak tulisan atau tipografi yang berwarna kontras. Di balik harganya yang mahal, hasil cetakan teknik Polyflex sangat awet dan tahan lama.

4.      Direct to Garment

Lalu ada juga teknik DTG (direct to garment) yang menggunakan mesin printer khusus. Teknik pembuatan baju custom ini sering dipakai untuk memproduksi pakaian secara Massal. Desain baju bisa divariasi, hasilnya bagus, tinta tahan lama dan pilihan warnanya banyak.

Dibandingkan teknik lainnya, DTG lebih cepat pengerjaannya karena memakai mesin. Dari segi harga, tentu saja DTG mahal dan cetakannya harus banyak (sesuai ketentuan jasa Custom).

5.      Full Sublimation

Teknik terakhir menggunakan tinta sublimasi yang bisa dicetakkan ke atas kertas khusus. Dari desain yang sudah dibuat, kertas diletakkan ke mesin press lalu dicetak ke serat kain. Tinta itu akan meresap ke serat kain, lalu menghasilkan desain yang bagus dan menempel di kain.

Kelemahan teknik ini ialah hanya dapat digunakan untuk kain sintetis. Meski begitu, hasilnya bagus berkualitas, tahan lama dan desainnya bebas sesuai keinginan Anda sendiri.

Itulah kelima teknik yang biasanya digunakan untuk membuat berbagai jenis baju custom. Sesuai karakteristiknya, pilih teknik yang cocok dengan kebutuhan Anda sendiri. Tentukan desain, jenis kain dan kegunaannya agar sesuai karakter teknik pembuatan baju custom di atas. Prima Collection

Beragam Teknik Pembuatan Baju Custom yang Perlu Diketahui

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Beragam Teknik Pembuatan Baju Custom yang Perlu Diketahui

Tutup Sidebar
Sidebar
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah:

Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

Primaco Customer Service
● online
Primaco Customer Service
● online
Halo, perkenalkan saya Primaco Customer Service
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja