Prima Collection Konveksi Seragam Drumband

Beranda » Blog » 10 Kostum Tari Bali yang Berasal dari Pakaian Adat

10 Kostum Tari Bali yang Berasal dari Pakaian Adat

Diposting pada 20 October 2023 oleh primaco / Dilihat: 293 kali / Kategori:

Kostum tari Bali memiliki ciri khas sendiri jika dibandingkan dengan daerah di Indonesia lainnya. Secara umum, pakaian yang dipilih berwarna dan bercorak kontras. Selain itu untuk pementasan biasa digunakan kain khas yaitu Endek.

Beberapa tarian khasnya menggunakan kebaya khas Bali untuk wanita dengan riasan wajah khas serta sanggul dan mahkota. Ada juga yang menggunakan kain songket sebagai penegas karakter tari.

 

10 Kostum Tari Bali yang Berupa Pakaian Adat

Pakaian adat sudah sangat lazim digunakan dalam membawakan sebuah tarian. Dimana untuk laki-laki dan perempuan umumnya berbeda. Seperti beberapa tarian khas Bali berikut ini yang menggunakan pakaian adat pada pementasannya.

1.      Oleg Tamulilingan

Pada tarian ini, pakaian yang dikenakan penari pria dan wanita berbeda. Penari pria mengenakan destar, badong bulat, kembang goyang pada destar, penutup bagian leher, penutup dada, stagen.

Kemudian juga menggunakan sabuk lulang berukiran terawang atau disebut dengan ampak-ampak. Untuk melengkapi kostumnya, maka menggunakan tambahan kain peradam gelang kana dan juga kipas. Untuk penari perempuan kostum tari Bali yang dipakai sedikit berbeda.

Diantaranya yang dipakai adalah gelung mahkota dengan kembang goyang, rambut imitasi, badong lancip. Bagian badan digunakan penutup bagian leher dan dada, stagen, ampak-ampak, selendang, kain panjang serta gelang kana.

 

2.      Pakaian Tari Baris

Kostum tari Bali untuk pertunjukan tarian Baris cukup unik. Pakaian adat yang digunakan terdiri dari mahkota dinamakan gelungan baris. Kemudian juga dilengkapi dengan sekar taji yaitu susunan bunga pada kanan dan kiri mahkota. Tetap menggunakan badong atau penutup leher melingkar serta kain selendang pendek menjuntai disebut awir-awir.

3.      Kostum Penari Jauk Keras

Pakaian adat yang dipakai untuk membawakan tauk Keras memiliki ciri khusus. Pada bagian atas digunakan mahkota sebagai gelungan jual, dilengkapi juga dengan topeng. Menggunakan badong melingkar, awir-awir dan lamak yaitu selendang prada panjang yang dipasang di bawah badong.

4.      Kostum Tari Bali Panyembrama

Pakaian adat ini terdiri dari kembang goyang, kamboja, selendang, stagen, perada, dan tapih. Kembang goyang berupa emas di atas sanggul. Properti lainnya sebagai pelengkap adalah bokor yang dibawa penari.

Baca Juga Kostum Penari Gambyong dengan Unsur Klasik

5.      Pakaian Tari Tenun

Terdiri dari tengkuluk, yaitu kain prada untuk penutup kepala. Lalu kembang goyang emas, kembang kamboja, selendang, dan kain tapih perada. Seperti namanya, tarian ini menggambarkan wanita yang sedang membuat tenun, jadi tercermin juga dari pakaiannya.

Seragam mayoret drumband kombinasi batik

Seragam mayoret drumband kombinasi batik

6.      Tari Topeng Keras

Tarian ini dibawakan dengan kostum yang terdiri dari gelung lengkap hiasan kuncup daun pada kanan-kiri, badong, baju beludru. Aksesoris lainnya berupa gelang kana, saput gede, kain putih, celana panjang, keris, topeng, dan jejebuk.

7.      Tari Taruna Jaya

Penari laki-laki mengenakan properti yang sama dengan tari Oleg Tamulilingan, Panji Semirang serta Wiranata. Tarian ini melukiskan pemuda dengan karakter emosional penuh ekspresi. Pemuda ini berusaha memikat para gadis, sehingga selain menonjolkan kostum juga pada gerakan tari.

8.      Kebyar Duduk

Kebyar Duduk menggunakan properti khas Bali juga yaitu gelungan, mahkota yang terbuat dari kulit lengkap hiasan ukiran terawang. Pada tubuh penari digunakan badong melingkar, penutup dada, ampak-ampak, gelang kana pada tangan, kain perada, kipas.

Tarian satu ini juga menggunakan hiasan berupa kembang kamboja kuning di telinga. Seperti namanya, setiap penari melakukan berbagai gerakan dengan cara duduk. Meski demikian, gerakannya sangat lincah dan dinamis.

9.      Margapati

Kostum tari Bali untuk pementasan Margapati kurang lebih sama seperti Oleg Tamulilingan, Wiranata, Panji Semirang dan Taruna Jaya. Baik kain yang dikenakan di badan, maupun aksesoris seperti badong, ampak-ampak dan sebagainya.

Meski sama, namun gamelan atau musik pengiring serta gerakan masing-masing sangat kharismatik dan unik. Sehingga tetap mudah dikenali nama tariannya.

10.  Topeng Tua

Paling unik dari tarian ini karena menggunakan pakaian adat yang dilengkapi dengan bulu kuda. tetap menggunakan gelungan, topeng, badong, gelang kana, baju beludru, kain putih. Sementara properti pelengkapnya adalah keris dan kembang untuk subang di telinga.

Secara umum, pakaian yang dikenakan tidak jauh berbeda antara tarian satu dengan lainnya. Begitu juga dengan properti pelengkapnya. Inilah yang kemudian jadi ciri adat istiadat dan tercermin melalui kostum tari Bali.

 

Prima Collection

 

10 Kostum Tari Bali yang Berasal dari Pakaian Adat

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

10 Kostum Tari Bali yang Berasal dari Pakaian Adat

Tutup Sidebar
Sidebar
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah:

Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

Primaco Customer Service
● online
Primaco Customer Service
● online
Halo, perkenalkan saya Primaco Customer Service
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja